Elemen – elemen GPS

Published Oktober 20, 2011 by gpstrackermalang

 

 

Elemen – elemen GPS

1.   Space (Satelit -satelit GPS)

Elemen Space dari sistem GPS, terdiri dari 24 satelit (21 aktif dan 3 buah,yang digunakan sebagai cadangan). Elemen Space bisa diibaratkan sebagai jantung dari sistem GPS. Satelit- satelit GPS ini, berada 12.000 mil dari permukaan bumi, karena satelit – satelit GPS ini beroprasi pada ketinggian demikian, sinyal- sinyal yang mereka transmisikan dapat menggapai area yang sangat luas. Satelit- satelit ini memutar orbit (yaitu bumi) sehingga alat penerima GPS, dapat menerima sinyal dari paling tidak 4 satelit setiap waktu.

GPS, dapat menerima sinyal dari paling tidak 4 satelit setiap waktu. Satelit- satelit ini memutar orbit dengan kecepatan kira- kira 7.000 mil/jam, sehingga dapat memutar bumi 2 kali dalam 24 jam. Mereka menggunakan energy solar dari matahari sebagai bahan bakarnya dan dibuat agar dapat bertahan paling tidak 10 tahun. Bila karena suatu sebab energi solar yang mereka perlukan tidak ada / mereka gagal mendapatkannya (karena eclipse, dll), mereka mempunyai cadangan baterei yang secara otomatis akan digunakan, sehingga dapat tetap berfungsi. Satelit – satelit GPS ini juga mempunyai roket- roket kecil disekelilingnya yang berfungsi untuk menjaga agar mereka tetap pada jalur yang benar.

Satelit GPS pertama, diluncurkan pada tahun 1978. Konstelasi / armada Satelit GPS baru komplit pada tahun 1994, saat diluncurkan Satelit GPS ke-24.

Masing – masing Satelit GPS mentransmisikan gelombang radio berdaya rendah pada beberapa frekuensi (L1, L2, dll..). Alat penerima sinyal GPS yang dipergunakan oleh pengguna non-militer menggunakan frekuensi L1 dari 1575.42,di gelombang UHF. Sinyal dari gelombang ini dapat menembus awan, kaca, dan plastic, namun tidak dapat menembus benda padat yang tebal, seperti: didalam ruangan / gedung, gunung, perkantoran, dll.

2.  Control (Stasiun di bumi)

Stasiun pengkontrol di bumi digunakan sebagai pengatur Satelit GPS. Mereka mengatur Satelit GPS dengan cara menemukan jejak mereka dan memberikan Satelit GPS informasi orbital dan waktu bumi yang telah disesuaikan.

Sampai saat ini, terdapat 5 Stasiun kontrol Satelit GPS di bumi, 4 diantaranya dioprasikan secara otomatis –-tidak memakai tenaga manusia, dan satu digunakan sebagai “master control station”. Keempat Stasiun kontrol yang dioprasikan secara otomatis, secara terus menerus menerima sinyal data dari Satelit GPS, lalu mengirim data – data tersebut ke “master control station”. Setelah menerima data- data dari Satelit GPS melalui keempat stasiun kontrol tersebut, “master control station” mengoreksi data – data yang diterimanya, lalu mengirimkan kembali informasi data – data yang telah dikoreksi kepada Satelit GPS kembali (Uplink).

3.   User/pengguna (GPS Receiver/alat penerima sinya GPS)

Elemen user adalah pengguna GPS dan alat penerima sinyal GPS (GPS Receiver). GPS receiver memerlukan setidaknya 3 satelite untuk melakukan perhitungan kordinat X, Y, Z (posisi) dan sebuah satelit lagi untuk waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s